Assiry Art dalam Liputan

Kerajinan Kaligrafi

spesialis kerajinan kaligrafi dan lukisan kaligrafi.
Kami membuat kerajinan kaligrafi dari bahan bordir,
fiber, kanvas, kuningan, tembaga, kayu, dll.
Silahkan melihat hasil karya kami ,
suatu kebanggaan bila karya kami dapat menghiasi ruangan anda.

assirykerajinankaligrafi.comadalah buah karya dari Muhammad Assiry , seorang seniman dari kota Kudus. Sudah banyak masjid/musholla, gedung, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya. Sudah banyak pula rumah atau gedung yang berhias kerajinan kaligrafi hasil karyanya.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik, serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

Berikut ini beberapa jenis kerajinan kaligrafi yang kami tawarkan

Kaligrafi Bordir
Kaligrafi ini ditulis pada selembar kain bludru dengan menggunakan mesin bordir yang digerakkan oleh tangan-tangan terampil. Desain yang digunakan pun sesuai standar kaidah kaligrafi internasional, sehingga menghasilkan karya yang istimewa.

Kerajinan Kaligrafi Fiber
Kaligrafi dan atau kerajinan dari bahan fiber ini lebih menonjolkan unsur-unsur dimensi sehingga menjadikan hasil akhir yang ekslusif, dan tampak indah terpampang di dinding ruangan anda.

Kaligrafi Lukis Kanvas
Melukis adalah salah satu keahlian kami, di tangan kami perpaduan teknik lukisan yang tinggi dengan gaya kaligrafi yang berkaidah menghasilkan karya kaligrafi lukis yang tak perlu diragukan lagi.

Kaligrafi Kuningan
Kuningan dipilih menjadi bahan baku pembuatan kaligrafi ini, karena dengan warna khasnya, kaligrafi kuningan akan terlihat bersahaja. Selain digunakan untuk hiasan masjid, kaligrafi kuningan ini juga sangat cocok berada di dinding rumah anda.

Kaligrafi Lauhah (Tinta)
Kaligrafi lauha (tinta) adalah teknik menulis kaligrafi dengan khandam dan tinta yang dituliskan langsung pada kertas. Teknik ini berkembang pesat di Timur Tengah, dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Kaligrafi Mushaf (Al Quran)
Kaligrafi Mushaf yang dimaksud di sini adalah pembuatan kaligrafi Al Quran lengkap dengan bingkai hiasannya. Atau bisa disebut juga pembuatan Al Quran raksasa, karena ukurannya lebih besar dari Al Quran pada umumnya.

Kaligrafi Tembaga
Selain kaligrafi kuningan, kaligrafi tembaga juga bisa dijadikan alternatif penghias dinding ruangan anda. Dengan warna khas tembaga dapat menjadikan kesan klasik pada kaligrafi tembaga ini.

Kaligrafi Ukir Kayu
Bagi anda yang mempunyai kediaman dengan teknik arsitektur kayu, tentunya akan sangat cocok bila kaligrafi ukir kayu ini menempel di ruangan anda.

Rabu, 07 Juni 2017

FUNGSI DAN MAKNA KUBAH MASJID



Muhammad Assiry, 8 Juni 2017


Kubah merupakan salah satu unsur arsitektur yang selalu digunakan. Ia berbentuk seperti separuh bola, atau seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Terdapat juga bentuk 'kubah piring' (karena puncak yang rendah dan dasar yang besar) dan 'kubah bawang' (karena hampir menyerupai bentuk bawang). Biasanya kubah akan diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan (sebagai atap). Ia diletakkan di atas rangka bangunan petak dengan menggunakan singgah kubah (pendentive).

Kubah masjid yang saat ini digunakan sebagai komponen bangunan masjid berawal dari bentuk masjid Umar di Yarussalem hingga pada abad ke-7 kubah menjadi komponen utama bangunan masjid. Sebagai komponen yang tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan masjid, kubah memiliki dua fungsi berdasarkan pemahaman tata ruang, yaitu sebagai penunjuk arah kiblat jika dilihat dari sisi luar, dan menerangi ruang dari dalam. Kemegahan dan indah akan terlihat dari kesan yang dibawakan kubah masjid. Selain itu, bentuknya yang mengembang dibagian tengah merepresentasikan kelapangan, luas, dan terbuka. Hal tersebut memberikan arti bahwa islam merupakan ajaran yang terbuka, mencintai kedamaian. selain merepresentasikan kesan luas bagi orang yang beribadah di dalamnya, kubah memberikan arti kebesaran Tuhan.

Filosofi dan  makna yang tersembunyi dalam kemegahan dan keindahan kubah menjadikan umat Muslim untuk dapat bersyukur dalam berhubungan secara baik secara horisontal (antar sesama manusia) ataupun hubungan vertikal (hubungan dengan Tuhannya). Terlepas dari makna dan filosofi di dalamnya, bentuk kubah yang selalu berubah sesuai perkembangan jaman, seni, budaya, dan teknologi namun tetap satu penggambaran yaitu memberikan energi positif dan optimis bagi orang yang beribadah di dalamnya. 

Meskipun kepercayaan umat yang beribadah di dalamnya berubah, kesan yang tergambar berupa cita dan kultur agama akan terasa. Transendensi surgawi dalam kubah masjid akan tergambar karena melihat fungsinya yang luas sebagai identitas tempat ibadah Agama Islam yang merupakan contoh primer keindahan arsitektur dan penggambaran doa manusia secara filosofis.

Bentuk dan konstruksi yang terus berubah dan memiliki perjalanan mengenai akulturasi budaya yang panjang di suatu tempat memberikan isyarat visual berupa bentuk komunikasi umat Muslim. Hal ini menjadikan sudut pandang komunitas di dalamnya menjadi satu pandangan yaitu nilai kebersamaan secara global karena ibadah kaum muslim selalu dilakukan berjamaah yang mencerminkan persaudaraan umat Muslim yang kuat.
 https://id.wikipedia.org/wiki/Kubah

0 komentar:

Posting Komentar