Assiry Art dalam Liputan

Kerajinan Kaligrafi

spesialis kerajinan kaligrafi dan lukisan kaligrafi.
Kami membuat kerajinan kaligrafi dari bahan bordir,
fiber, kanvas, kuningan, tembaga, kayu, dll.
Silahkan melihat hasil karya kami ,
suatu kebanggaan bila karya kami dapat menghiasi ruangan anda.

assirykerajinankaligrafi.comadalah buah karya dari Muhammad Assiry , seorang seniman dari kota Kudus. Sudah banyak masjid/musholla, gedung, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya. Sudah banyak pula rumah atau gedung yang berhias kerajinan kaligrafi hasil karyanya.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik, serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

Berikut ini beberapa jenis kerajinan kaligrafi yang kami tawarkan

Kaligrafi Bordir
Kaligrafi ini ditulis pada selembar kain bludru dengan menggunakan mesin bordir yang digerakkan oleh tangan-tangan terampil. Desain yang digunakan pun sesuai standar kaidah kaligrafi internasional, sehingga menghasilkan karya yang istimewa.

Kerajinan Kaligrafi Fiber
Kaligrafi dan atau kerajinan dari bahan fiber ini lebih menonjolkan unsur-unsur dimensi sehingga menjadikan hasil akhir yang ekslusif, dan tampak indah terpampang di dinding ruangan anda.

Kaligrafi Lukis Kanvas
Melukis adalah salah satu keahlian kami, di tangan kami perpaduan teknik lukisan yang tinggi dengan gaya kaligrafi yang berkaidah menghasilkan karya kaligrafi lukis yang tak perlu diragukan lagi.

Kaligrafi Kuningan
Kuningan dipilih menjadi bahan baku pembuatan kaligrafi ini, karena dengan warna khasnya, kaligrafi kuningan akan terlihat bersahaja. Selain digunakan untuk hiasan masjid, kaligrafi kuningan ini juga sangat cocok berada di dinding rumah anda.

Kaligrafi Lauhah (Tinta)
Kaligrafi lauha (tinta) adalah teknik menulis kaligrafi dengan khandam dan tinta yang dituliskan langsung pada kertas. Teknik ini berkembang pesat di Timur Tengah, dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Kaligrafi Mushaf (Al Quran)
Kaligrafi Mushaf yang dimaksud di sini adalah pembuatan kaligrafi Al Quran lengkap dengan bingkai hiasannya. Atau bisa disebut juga pembuatan Al Quran raksasa, karena ukurannya lebih besar dari Al Quran pada umumnya.

Kaligrafi Tembaga
Selain kaligrafi kuningan, kaligrafi tembaga juga bisa dijadikan alternatif penghias dinding ruangan anda. Dengan warna khas tembaga dapat menjadikan kesan klasik pada kaligrafi tembaga ini.

Kaligrafi Ukir Kayu
Bagi anda yang mempunyai kediaman dengan teknik arsitektur kayu, tentunya akan sangat cocok bila kaligrafi ukir kayu ini menempel di ruangan anda.

Kamis, 30 Maret 2017

KALIGRAFI IJADAH & KALIGRAFI IJAZAH

Assiry gombal mukiyo, 30 Maret 2017

 
Tidak sedikit dari kita terus menyuarakan untuk terus belajar kaligrafi bersanad. Bahkan ada juga yang paling lantang meneriakkan bahwa belajar kaligrafi harus bersanad sedangkan yang belajar kaligrafinya tidak bersanad kepada Guru Kaligrafi yang jelas dianggap menyesatkan.

Sah dan boleh -boleh saja mau belajar kaligrafi dengan sanad guru yang jelas atau tidak. Yang terpenting terus belajar dan mau berbenah. Kekuatan seorang Kaligrafer besar letaknya pada karya yang dihasilkan (ijadah) bukan menggantungkan pada setifikat pengakuan (ijazahnya) semata.

Berbahagialah bagi yang belajar langsung dengan para Maestro besar kaligrafi dunia, tetapi itu bukan sebuah jaminan bahwa karya -karyanya juga berkelas dan berkualitas kemudian menganggap yang tidak belajar langsung kepada Master karyanya dianggap remeh.

Bahkan ratusan Kaligrafer -Kaligrafer hebat Indonesia dan dunia yang belajar kaligrafi tidak secara langsung bertemu dengan para Master kaligrafi dunia, hanya belajar kaligrafi melalui karya -karyanya.

Semua dari kita harus tetap bergandengan tangan saling berfastabiqu al khairat, saling asah, asih dan asuh. Yang sudah bisa memberikan ilmunya kepada yang belum bisa, sebaliknya yang masih pemula jangan sungkan dan malas belajar. Yang sudah mapan dan berpengalaman Jangan pelit berbagi ilmu dan menunjukkan kepada yang masih pemula jangan malah "diumpetin".

Pernah suatu ketika Khulusi Afandy yang tidak lain adalah Guru satu-satunya dan juga Paman Syauqy afandy pernah menyarankannya untuk melanjutkan belajar kaligrafi kepada kaligrafer lain yang lebih hebat semisal Musthafa Izzat Afandi. tetapi Syauqi tidak mau. Ia berkata :
" Aku tidak akan pergi kepada kaligrafer lain selain engkau ".

Meski Syauqy tidak belajar kaligrafi langsung kepada kaligrafi lain. Tetapi ia mempelajari secara otodidak karya karya kaligrafer besar semacam Hafidz Usman, dan kakak beradik Ismail Zuhdi dan Musthafa Raqim.
Syauqi pun berkata : "Mereka telah mengajariku kaligrafi melalui alam imaginasi meskipun aku tidak bertemu dengan mereka."

Bahkan Sami Afandy, yang juga seorang teman dekatnya pernah berkata mengenai Syauqi: "Syauqi Afandy tidak bisa menulis jelek walaupun dia menginginkannya". Guru hanya membantu yang menentukan bagus atau tidaknya kualitas karya kita ya diri kita sendiri dengan tidak putus-putusnya belajar. Guru saya KH.Didin Sirojuddin Ar pernah berujar:
"Belajar kaligrafi itu bukan bersanad kepada Guru tapi kepada kebenaran dan prinsip- prinsip standar akurasi. Guru memang membantu."

Jangan putus asa dan minder jika anda termasuk salah satu dari ribuan orang yang belajar tidak dengan guru kaligrafi yang bersanad seperti saya. Teruslah belajar jangan pernah berhenti sampai ujung kematian menjemputmu.

0 komentar:

Posting Komentar