Assiry Art dalam Liputan

Kerajinan Kaligrafi

spesialis kerajinan kaligrafi dan lukisan kaligrafi.
Kami membuat kerajinan kaligrafi dari bahan bordir,
fiber, kanvas, kuningan, tembaga, kayu, dll.
Silahkan melihat hasil karya kami ,
suatu kebanggaan bila karya kami dapat menghiasi ruangan anda.

assirykerajinankaligrafi.comadalah buah karya dari Muhammad Assiry , seorang seniman dari kota Kudus. Sudah banyak masjid/musholla, gedung, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya. Sudah banyak pula rumah atau gedung yang berhias kerajinan kaligrafi hasil karyanya.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik, serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

Berikut ini beberapa jenis kerajinan kaligrafi yang kami tawarkan

Kaligrafi Bordir
Kaligrafi ini ditulis pada selembar kain bludru dengan menggunakan mesin bordir yang digerakkan oleh tangan-tangan terampil. Desain yang digunakan pun sesuai standar kaidah kaligrafi internasional, sehingga menghasilkan karya yang istimewa.

Kerajinan Kaligrafi Fiber
Kaligrafi dan atau kerajinan dari bahan fiber ini lebih menonjolkan unsur-unsur dimensi sehingga menjadikan hasil akhir yang ekslusif, dan tampak indah terpampang di dinding ruangan anda.

Kaligrafi Lukis Kanvas
Melukis adalah salah satu keahlian kami, di tangan kami perpaduan teknik lukisan yang tinggi dengan gaya kaligrafi yang berkaidah menghasilkan karya kaligrafi lukis yang tak perlu diragukan lagi.

Kaligrafi Kuningan
Kuningan dipilih menjadi bahan baku pembuatan kaligrafi ini, karena dengan warna khasnya, kaligrafi kuningan akan terlihat bersahaja. Selain digunakan untuk hiasan masjid, kaligrafi kuningan ini juga sangat cocok berada di dinding rumah anda.

Kaligrafi Lauhah (Tinta)
Kaligrafi lauha (tinta) adalah teknik menulis kaligrafi dengan khandam dan tinta yang dituliskan langsung pada kertas. Teknik ini berkembang pesat di Timur Tengah, dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Kaligrafi Mushaf (Al Quran)
Kaligrafi Mushaf yang dimaksud di sini adalah pembuatan kaligrafi Al Quran lengkap dengan bingkai hiasannya. Atau bisa disebut juga pembuatan Al Quran raksasa, karena ukurannya lebih besar dari Al Quran pada umumnya.

Kaligrafi Tembaga
Selain kaligrafi kuningan, kaligrafi tembaga juga bisa dijadikan alternatif penghias dinding ruangan anda. Dengan warna khas tembaga dapat menjadikan kesan klasik pada kaligrafi tembaga ini.

Kaligrafi Ukir Kayu
Bagi anda yang mempunyai kediaman dengan teknik arsitektur kayu, tentunya akan sangat cocok bila kaligrafi ukir kayu ini menempel di ruangan anda.

Jumat, 16 Desember 2016

KARYA-KARYA KALIGRAFI SULTAN MAHMUD II

Sulthan Mahmud II mengenakan pakaian ala Eropa

Sultan Mahmud Khan II adalah sultan ke 30 dari raja raja Turki Usmani. Beliau lahir 13 Ramadhan 1199 H (20 July 1785 ). Ayah beliau adalah Sultan Abdul Hamid Khan I. Mulai memangku jabatan ke khalifahan patahun tahun 1223 H pada usia kurang lebih 24 tahun, setelah dicopotnya jabatan saudaranya, Sultan Musthofa IV.
Dikenal sebagai salah satu Khalifah Turki Usmani yang sukses memimpin Daulah Usmaniyah. Beliau melakukan reformasi besar besaran di seluruh wilayah Khilafah Islamiyah. Beliau mendirikan sekolah sekolah baru, rumah sakit rumah sakit, jembatan jembatan, perpustakaan dan sarana sarana penting lain. Dia bisa menjadi khalifah Usmani paling sukses, kalau saja tidak diganggu oleh pemberontakan pemberontakan yang cukup menyita fikirannya. Termasuk upayanya memadamkan gerakan Wahabi di Nejd. 

Beliau adalah khalifah Turki Usmani pertama yang mengenakan Tarbus (peci tinggi dengan tali jambul diatasnya). Juga khalifah pertama yang memakai baju modern ala Eropa dan mengendarai kereta kuda. Sultan sultan sebelumnya memakai surban yang dililitkan dikepala, dengan pakaian jubah dan mereka mengendarai kuda langsung dipunggungnya. 
Pada masanya juga terbit koran untuk pertama kalinya. 
Beliau juga dikenal sebagai pencinta seni. Beliau suka mendengarkan musik, dan kadang kadang memainkan sendiri alat musiknya. Beliau juga merangkai puisi.

Beliau juga seorang kaligrafer dengan tulisan yang sangat bagus, dan sesuai kaidah penulisan yang benar. Beliau menguasai khat dari berbagai macam jenisnya. Guru kaligrafinya adalah Musthafa Raqim. Raqim diangkat menjadi pengajar pribadinya, sekaligus sekretaris kerajaan.

Keberadaan Raqim sebagai gurunya, ditolak oleh penulis kitab Tarikh al-Khat al-Araby, dengan bersandar kepada tahun wafat Raqim tahun 1181 H.  Hanya saja ada bukti bukti tertulis, bahwa Raqim pernah mengajari Sulthan Mahmud II, antara lain adanya tughra atas nama Sultan Mahmud II yang dibuat oleh Musthafa Raqim.
 Tughra di tulis oleh Musthafa Raqim
Bunyinya : Mahmud Khan bin Abdul Hamid Mudzaffar Daiman
Sultan Mahmud II wafat tanggal 1 July 1839 M (19 Rabiul Akhir 1255 H) -- (ada beberapa versi tahun wafat dan tahun lahirnya).

Beberapa peninggalan karya karya Sulthan Mahmud II masih tersimpan di beberapa museum.

Berikut ini adalah karya karya kaligrafi Sultan Mahmud Khan II :











0 komentar:

Posting Komentar